Advokasi Pengelolaan Keuangan Daerah (APBD), Pelayanan Publik, Lumpur Lapindo, Pendampingan Masyarakat

Senin, 23 Februari 2015

MENANGGAPI STATMEN DIRUT PDAM TERKAIT BESARAN TARIF

Sebagaimana yang telah diberitakan oleh media online local, sidoarjonews, bahwa kritik PUSAKA terhadap besaran kenaikan tarif adalah salah sasaran. Menurut kami, Direktur Utama (Dirut) PDAM Delta Tirta harus lebih professional daripada Dirut Sebelumnya.

Salah sasaran yang dimaksud oleh Dirut itu apa ? apakah materi yang telah kita rilis itu salah ? ataukah substansi yang kita maksud itu salah ? harusnya Dirut dapat menjelaskan secara komprehensif klarifikasi tersebut kepada PUSAKA. Perlu kita ketahui lagi, bahwa tulisan yang kami uploud pada Sabtu, 21 Pebruari 2014 yang berjudul “PDAM mengingkari SK Bupati”, penjelasannya adalah bahwa kenaikan tarif yang ditentukan oleh PDAM Delta Tirta mendapat persetujuan dari Bupati. Namun besaran angka, kemudian, pihak PDAM Delta Tirta sendiri yang berhitung atas kelayakan dengan berbagai pertimbangan sebagaimana Permendagri 23/2006.

Kedua, dalam rilis yang ditulis sidoarjonews,  Dirut mengatakan bahwa tabel yang dipublikasikan kepada masyarakat terkait dengan besaran tariff hingga tahun 2017 mengambil dari lampiran Peraturan Bupati No 30/2014. Artinya bahwa jangan bicara tidak tahu darimana asal usul angka yang berada pada tabel tariff tersebut. Bupati mengeluarkan peraturan yang kemudian memberikan lampiran atas besaran tariff juga tidak tiba-tiba, melainkan harus ada kajian khusus yang dilakukan oleh PDAM; berlandaskan peraturan perundang-undangan tentang pengelolahan air bersih.

Ketiga, berkaitan dengan lima persen. Dirut mengatakan bahwa tidak ada peraturan yang menentukan besaran 5 persen kenaikan tariff, baik SK maupun Peraturan Bupati. Bagi kami sangat benar, tidak ada satupun kalimat dalam pasal berapapun yang menjelaskan soal 5 persen. Bagi kami, tentunya Dirut tidak menutup mata soal ini. Direktur terdahulu, Bapak Djajadi MM, dalam dokumen pemberitaan yang kami kaji di PUSAKA; mengatakan bahwa kenaikatan tariff sebesar 5 persen bukan tanpa dasar (yang disepakati menjadi keputusan/Kebijakan perusahaan PDAM Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo terhadap besaran tariff selama 5 tahun). 

0 komentar:

Posting Komentar